Senin, 08 Januari 2018

Jenis-jenis Ikan Hias

1. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Cupang


ikan-hias air-tawar-cupang-warna merah
filckrcom-suherlin.net

Kita sering mendengar nama ikan hias air tawar ini, karena jenis ikan hias cupang memang sudah populer di masyarakat Indonesia. Ikan hias cupang juga banyak kita jumpai di pasar-pasar tradisional.
Jika kita ingin memelihara ikan hias cupang ini jangan sampai 2 ikan atau lebih di letakkan dalam botol karena ikan hias cupang termasuk juga ikan adu.Jika ingin mengetahui perbedaan antara ikan jantan dan betina, dapat di perhatikan pada bagian tubuhnya.

2. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Guppy


ikan hias air tawar aquarium guppy
pinterest.com

Ikan Hias Jenis Guppy merupakan jenis ikan hias yang paling populer di Indonesia setelah ikan cupang. Ikan hias guppy memilki bentuk tubuh seperti wanita yang mengenakan rok. Bentuknya juga menarik karena panjangnya dari kepala sampai ekor kurang dari 2,5 cm.
Berasal dari daerah Amerika Selatan, ikan ini mudah beradaptasi di lingkungannya. Sehingga peredarannya di dunia sangat cepat. Ikan hias guppy mulai di kenal di Indonesia pada tahun 1920-an sebagai ikan hias akuarium.
Ikan hias guppy mempunyai warna dan sirip yang indah. Pada ikan jantannya lebih cenderung menarik di bandinkan dengan betina yang siripnya terlihat agak kusam.

3. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Arwana


Jenis ikan hias air tawar aquarium arwana
duniaq.net

Jenis Arwana merupakan salah satu ikan hias yang masih populer sampai saat ini. Bahkan ada yang mengatakan kalau ikan hias arwana tidak akan pernah menurun peminatnya. Sisiknya yang unik dapat memikat siapa saja yang melihat ikat hias ini. Ikan hias arwana mempunyai ukuran tubuh yang besar, bahkan bisa mencapai hampir 1 meter.
Ukuran telurnya yang besar dan hampir mirip dengan telur puyuh menjadikannya termasuk dalam golongan ikan purba. Ikan hias arwana memiliki banyak sebutan lain seperti arwana super red, silok, ikan payang, kalasa, siluk,naga, khayangan dan nama latin Scleropages sp.
Ikan hias arwana dapat kita jumpai pada perairan tawar di daerah Kalimantan dan Papua. Namun untuk saat ini jenis ikan arwana sudah banyak yang membudidayaknnnya, karena harga dan peminatnya yang tergolong tinggi.
Oh iya ikan hias jenis arwana ini juga mempunyai mitos yang beredar di masyarakat bahwa apabila memelihara ikan hias arwana dapat memberikan kelancaran rezeki. Namun wajib di ingat ya, bahwa sang pemberi rezeki hanya satu, Dialah Allah Tuhan semesta alam.

4. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Louhan


Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium Louhan Merah Muda
jejamo.com

Ikan louhan merupakan jenis hybrid atau ikan hasil persilangan dari jenis cichild buata manusias. Ikan hias louhan merupakan ikan hias yang sempet populer di kalangan masyarakat Indonesia. Bahkan ada banyak orang yang sebelumnya tidak pernah memelihara ikan hias berbondong-bondong memelihara dan menjadi pecinta ikan hias.
Perihal tersebut dikarenakan begitu sangat terkenalnya ikan hias jenis louhan ini. Tidak heran karena louhan memilki warna yang indah dan menarik. Juga pada kombinasi warna dan sisik ikan hias louhan terkadang membentuk sebuah tulisan.
Selain itu jenong yang terdapat di kepalanya mampu membuat daya tarik tersendiri bagi pecinta ikan hias. Bahkan dari jenong itulah harga ikan hias louhan dapat mencapai harga tertingginya.

5. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Maskoki


Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Masskoki Cantik Warna Orange
ikanhiasmaskoki-blogspot.com

Ikan hias jenis maskoki berasal dari China yang dipopulerkan oleh masyarakat Jepang. Pada awalnya ikan hias jenis maskoki memiliki bentuk tubuh yang mirip dengan ikan mas yang merupakan satu spesies. Kemudian masyarakat Jepang yang mengembangkan ikan hias maskoki banyak variasi warna dan bentuk menjadi lebih cantik dari sebelumnya.
Ikan hias maskoki termasuk jenis ikan hias yang mudah dipelihara dan di budidayakan di rumah. Namun ikan hias ini merupakan ikan ekslusif yang tidak mau di pelihara dengan selain ikan hias jenis maskoki karena membutuhkan banyak oksigen untuk bertahan hidup.
Jenis ikan hias ini sudah familiar di telinga kita karena banyak dari masyarakat kita yang memeliharanya sebagai ikan hias. Ikan maskoki memiliki gerakan tubuh yang lucu disebabkan bentuk badannya yang penuh namun tetap seimbang.

6. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Discus


Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium Disqus Besar
johnmathison2k10-blogspot.com

Ikan hias jenis discus ini mempunyai bentuk tubuh yang cantik karena mirip dengan pipi manusia. Ikan hias jenis discus ini merupakan ikan hias yang high class, karena harganya yang mahal.
Hal ini disebabkan oleh ciri khas yang mirip pipi manusia tersebut. Selain itu warna dan ukuran tubuhnya dapat mempengaruhi harganya.

7. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Koi


Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium Ikan Koi Makan
en.wikipedia.org

Salah satu jenis ikan hias air tawar yang tetap populer dari waktu ke waktu adalah ikan hias jenis koi ini. Pertama kali di kenalkan di Jepang pada tahun 1920-an, ikan hias jenis koi termasuk hasil persilangan beberapa strain ikan mas dengan warna putih dan merah.
Kemudian hasil persilangan dari ikan tersebut dikenal dengan nama ikan koi. Hingga saat ini persilangan ikan terus dilakukan dan hasilnya pun dapat kita jumpai dengan bertambahnya variasi yang begitu menarik.
Ikan hias jenis koi sangat cocok di pelihara dalam kolam yang cukup luas karena saat masih muda ekornya tidak begitu lebar kemudian setelah dewasa ekorna akan semakin melebar dan besar.
Selain itu warna dari ikan koi yang beraneka warna akan nampak lebih indah ketika dilihat dari atas kolam serta kebutuhan ikan akan banyak ruang untuk bergerak.
Serunya lagi ketika kita melihat ikan tersebut pas lagi lapar-laparnya. Saat kita memberikan makan, dalam hitungan detik ikan hias jenis koi ini akan datang dengan berbondong-bondong menyerbu makanan tersebut.

8. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Oscar


Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium Oscar Besar
pinterest.com

Ikan hias jenis oskar merupakan jenis ikan yang banyak digemari oleh pecinta ikan hias dalam maupun luar negeri. Oscar memilki bentuk tubuh lebar layaknya ikan gurame atau nila yang sering kita jadikan sebagai lauk.
Namun ada hal yang membedakan antara kedua ikan tersebut, yakni warna pada ikan hias jenis oscar lebih bervariasi serta kombinasi warna-warnanya terlihat jauh lebih indah dari ikan gurame serta pada sisik ikan oscar terdapat seperti ada batik yang menghiasi tubuhnnya.
Selain itu ada juga ikan hias oscar albino atau putih pucat dengan gariss totol orange ataupun berwarna polos.

9. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Neon Tetra (Paracheirodon Innesi)


Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium neon tetra warna biru merah cantik
youtube.com

Ikan hias neon tetra berwarna biru terang pada bagian punggung dan putih perak pada bagian abdomen membuat semakin menarik. Neon Tetra memiliki beberapa keluarga diantaranya neon tetra albino, black neon neon blue eyes dan noen api. Dari semua keluarganya, neon tetra merupakan yang paling populer dan tingginya harganya.
Bahkan saat noen tetra mengalami kenaikan popularitas para pembudidaya mengaku kewalahan untuk memenuhi permintaan ekspor yang tinggi. Permintaan ekspor untuk neon tetra perbulan bisa mencapai 2 juta ekor. Akan tetapi para pembudidaya hanya mampu mengirim 1 juta ekor.
Ikan hias jenis neon tetra berasal dari Amerika Latin, lebih tepatnya di Sungai Amazon. Sekilas ikan hias ini mempunyai warna merah yang menonjol pada bagian belakang. Pada bagian tubuh atas dan bawah bagian depan, berwarna biru kehijau-hijauan.
Neon Tetra lebih sering di pelihara secara berkelompok karena warna tubuhnya akan semakin nampak jelas dan menarik ketika sedang berkelompok.

10. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Komet


Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium cantik komet warna orange
pinterest.com

Ikan hias komet memiliki nama latin Carrassius Auratus adalah ikan hias yang memiliki banyak penggemar di Indonesia. Tak heran karena komet mempunyai tubuh yang ramping dengan warna putih perak mengkilap dan merah menyala. Juga pada ekor panjangnya yang terus melambai-lambai ketika berenang semakin membuat penggemarnya kepayang.
Ikan hias yang masih satu keluarga dengan ikan mas ini berasal dari Jepang. Sekitar tahun 1970-an ikan hias jenis komet ini baru masuk di Indonesia.
Ikan hias jenis komet ketika masih muda bentuk ekornya tidak terlalu lebar. Seiiring pertumbuhannya, ketika dewasa memilki ekor lebar dan membuat komet telihat gemulai.
Untuk memelihara ikan hias jenis kmoet ini tidak sulit karena komet tidak rewel. Di daerah pedesaan, ikan hias jenis komet hanya di budidaya dalam empang tanpa perlakuan khusus. Makanannya cukup dedak (dari hasil selep padi) yang di taburkan sekali setiap harinya.

11. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Manfish


Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium Ikan indah dan menarik manfish
akuariumhias-dot-blogspot.com

Ikan Manfish termasuk dalam keluarga Chiclidae. Sebutan lain dari manfish ini ialah angle fish karena warna elegan dan betuknya yang menarik. Manfish merupakan ikan yang membuat perlindungan dan melindungi keturunannya.
Untuk menjadikan manfish sebagai induk ikan harus menunggunya setelah berumur 7 bulan dengan panjang kira-kira 7,5 cm. Agar hasil budidaya maksimal, induk harus di pelihara dengan baik.
Caranya dengan memberinya makan jentik nyamuk, cacing tubifex atau chironomous. Tidak hanya itu, lemahnya induk terhadap serangan penyakit membuatnya harus di berikan obat Oxytetracycline dan garam secara periodik.

12. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan  Bala Bala (Hiu Bala)


Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium Ikan Bala-bala-hiu bala
wikimedia.org

Ikan hias jenis bala-bala ini merupakan ikan yang berukuran tubuh kecil namun memilki bentuk layaknya sang predator laut. Bala-bala mempunyai sisik berwarna metalik serta sirip yang kontras dengan warna hitam dan putih.
Ikan hiu bala ialah spesies ikan dari famili cyprinidae yang merupakan salah satu dari spesies genus balantiocheilos. Di khawatirkan populasi dari ikan hisa jenis bala-bala ini akan punah karena populasinya yang kian menurun akibat banyak orang yag telah memperjual-belikannya.
Di Indonesia habitat ikan hiu bala banyak dijumpai di Semenanjung Malaya, Sumatra, Kalimantan. Bala-bala memiliki panjang tubuh maksimal sekitar 35 cm.

13. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Lemon


Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium ikan lemon warna yang indah
spacetouristmarv-deviantart.com

Sesuai dengan namanya, ikan hias jenis lemon ini memilki warna tubuh yang dominan dengan warna seperti buah jeruk lemon masak. Untuk ikan lemon yang sudah dewasa, bagian ujung sirip atas akan terlihat warna hitam.
Di sarankan pemeliharaan ikan hias jenis lemon ini tidak di gabung dengan ikan jenis lainnya karena ikan lemon inni termasuk ikan yang agrseif.

14. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Black Ghost/Black Phantom


Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium Ikan black ghost
fishtanksandponds.co.uk

Ikan hias jenis black ghost ini memilki nama latin yaitu Apterontus Albifrons. Berasal dari Sungai Amazon dan Surinam, Black Phantom mempunyai banyak sebutan. Diantaranya black ghost karena sepintas ika hias ini nampak seperti hantu apalagi bentuk tubunhnya yang bergelambir membuatnya semakin cocok menyandang nama black ghost.
Ada juga nama lainnya yaitu Ikan Penari Balet. Di sebut penari balet karena gerakannya yang maju mundur dan jungkir balik dengan sangat lenturnya.
Hal ini karena dukungan dari bentuk tubuh yang menggelambir dan lentur sehingga dapat melakukan manuver yang tidak dapat dilakukan oleh ikan hias jenis lainnya.
Untuk pemberian pakan dari black phantom cukup 2 kali dalam sehari pada waktu pagi dan petang. Pakannya juga tidak terlalu sulit karena black phantom menukai pakan seperti jentik nyamuk, pelet dan cacing kering.
Untuk aksesoris akuariumnya kita dapat menggunakan warna gelap atau hitam seperti akar bakau batu-batuan yang berwarna hitam.

15. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Gurame Padang


Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium ikan gurame putih
pertanianku.com

Namanya seperti ikan yang biasa kita konsumsi sebagai lauk namun ikan hias jenis gurame padang memilki warna putih dan kepala yang lancip seperti ikan sepat.
Setelah dewasa warna pada gurame padang ini akan berubah menjadi kuning pucat yang membuat tujuan dari memeliharanya tidak lain hanya sebagai ikan hias. Keunikan dari gurame padang adalah pada saat dewasa jidat serta dagu mereka akan menonjol.

16. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Silver Dollar


Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium Ikan indah mirip dollar
fishtanksandponds.-co.uk

Ikan yang nampak dengan piranha kecil ini merupakan jenis ikan hias yang mempunyai nilai jual cukup tinggi. Banyak yang memelihara ikan hias jenis silver dollar sebagai komuditi bisnis.
Sesuai dengan namanya, silver dollar memiliki bentuk tubuh layaknya koin yang berwarna silver dan ukurannya bisa mencapai 15 cm.
Habitat asli silver dollar berasal dari Sungai Amazon. Namun pakan ikan hias ini tergolong mudah karena termasuk dalam ikan herbivora. Sehingga bagi kita pecinta ikan hias hanya perlu menyiapkan dedaunan seperti selada.
Yang paling penting jangan lupa untuk mengatur temperatur air menjadi 26-30 derajat celcius karena temperatur tersebut merupakan tempertaur ideal silver dollar untuk bertahan hidup.

17. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Corydoras


 Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium Rumah Ikan Corydas Lurik
ca.wikipedia.org

Ikan hias corydoras sering disebut ikan tikus karena cara dari ikan corydoras berenang memang terlihat seperti tikus yang sedang berlari. Suhu idela untuk corydoran dapat bertahan hidup adalah pada 24-28 derajat celcius.
Corydoras akan sangat senang apabila akuarium yang atau kolam yang kita gunakan untuk memeliharanya mirip seperti habitat aslinya yaitu Sungai Amazon.
Untuk itu kita dapat membuat desain akuarium kita selayaknya Sungai Amazon agar corydoras senang berada pada tempat barunya. Ketika berada di dalam akuarium corydoras sering berada di dasar apalagi kalau akuarium kita berpasir.
Corydoras akan memakan sisa makanan dan kotoran mereka yang berada di dasar akuarium.

18. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Rainbow


 Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium ikan warna pelangi rainbows
tropical-fish-keeping.com

Ikan hias jenis rainbow mempunyai 53 spesies yang telah tersebar di kawasan Australia, Papua dan Sulawesi. Spesies dari rainbow merupakan ikan endemik di kawasan dan memilki ukuran panjang sekitar 7-9 cm.
Rainbow fish ini termasuk dalam famili Melanotaeniidae karena sering dijumpai berbentuk pipih dan memiliki sirip yang mengkilap.
Namun ada beberapa dari jenisnya lebih pendek dan membulat atau membesar pada bagian perut layaknya Rainbow Ballon yang populer di pasaran.

19. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Mickey Mouse


 Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan lucu mickey mouse
kavil.in

Ikan hias jenis mickey mouse termasuk dalam famili ikan platty. Dari sekian banyak jenis dalam famili ikan platty mickey mouse merupakan yang paling populer. Tidak tau pasti sebabnya disebut dengan mickey mouse, namun ada sebagian orang yang menganggapnya bentuk tubunya mirip dengan mickey mouse.
Ikan hiass jenis mickey mouse termasuk ikan yang agresif. Jadi dalam pemeliharannya di akuarium lebih baik di pisah dengan ikan hias lainnya. Untuk menghindari supaya tidak saling memakan satu sama lain.

20. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Botia


 Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium ikan botia indah botia cantik
seriouslyfish-com

Ikan hias jenis botia merupakan ikan hias yang banyak di senangi oleh pecinta ikan hias di Indonesia maupun mancanegara.Habitat asli dari botia berasal dari sungai yang memilki aliran arus deras.
Sehingga untuk kita yang ingin memeliharanya disarankan untuk membuat arus buatan pada akuarium atau kolam yang kita gunakan. Selain itu kita juga harus memastikan suhu air pada temperatur 24-26 derajat celcius.
Karena pada suhu tersebut merupakan suhu ideal untuk ikan botia bertahan hidup. Ikan hias botia memiliki panjang mencapai 30-40 cm dan mereka lebih menyukai dengan cara hidup yang bekelompok. Sehingga untuk memeliharanya kita harus membeli minimal 4-6 ekor serta menyiapkan akuarium yang berukuran sedang atau lebih besar.

21. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Niassa


 Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium Ikan niassa Indah
okdogi.com

Ikan hias jenis niassa berasal dari salah satu danau yang terletak di Afrika. Niassa merupakan jenis ikan hias karnivora karena mereka memakan daging. Ikan hias karnivora ini dapat bertahan hidup pada temperatur suhu ideal sekitar 25-30 derajat celcius.
Pakan yang di sukai oleh ikan niassa ini seperti cacaing tanah, cacing rambut dan kutu air. Ikan hias niassa akan dapat bertahan hidup lama apabila kita dapat menjaganya dengan membuat temperatur airnya tetap dalam keadaan idela dan melakukan perawatan yang instensif.


Sumber : https://masbidin.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar